Minggu, 18 Maret 2012

Menggunakan E-Mail Untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi


Wow.. kali ini saya di kasih tugas TIK untuk menjelasnya tentang E-Mail. 
Siapa sih yang gak tau E-Mail? apalagi gak punya E-Mail -_- pasti dia hidup di zaman batu kali ya, secara kalo mau ngebuat akun jejaring sosial aja harus punya E-Mail. Nah gua kasian dengan yang gak punya atau malah gak tau apa itu E-Mail yauda deh langsung aja nih info tentang E-Mail dan gimana cara ngebuatnya...


1. Persamaan dan perbedaan Mailbox di kantor pos dengan mail box  e-mail


Mailbox Post
Persamaan mailbox di kantor pos dengan mail box e-mail :


1.Secara prinsip hampir sama yaitu berfungsi untuk melakukan   aktivitas pengirim surat, data atau informasi
Pada masing-masing surat/e-mail/tertera nama dan alamat tujuan surat
2. Keduanya sama-sama tertera alamat dan nama pengirim.
3. Berisi pesan singkat atau dokumen dalam bentuk teks atau gambar
4. Keduanya ada batasan atau kapasitas dalam mengirim atau menerima gambar atau surat.


Perbedaan mailbox di kantor pos dengan Mailbox e-mail :


1. Pada mailbox di kantor pos bentuk fisiknya nyata yaitu berupa kotak penyimpanan, pada mailbox bentuk fisiknya dalam bentuk maya.
2. Waktu pengiriman surat melalui pos memerlukan waktu yang cukup lama, pada e-mail waktu pengiriman hanya beberapa detik saja.
3. Kunci mailbox pos suatu waktu dapat digandakan atau dirusak dengan mudah, tetapi user ID dan password e – mail tidak akan mudah dilacak walau secara fisik hanya merupakan kumpulan dari karakter
4. -Mail mengirimkan pesan berupa data dan Mailbox Post mengirimkan pesan berbentuk fisik.
5. Layanan E-Mail tidak menggunakan biaya sedangkan layanan Mailbox Post menggunakan Perangko.


Nah jadi itu adalah perbedaan dan persamaan antara E-Mail dan Mailbox Post, menurut gua sih jauh nguntungin E-Mail daripada Mailbox Post kalo dalam urusan ngirim surat atau gambar, tapi kalo dalam ngirimin barang, kapan ya kita dapat ngegunain E-Mail? haha

2. Etika Dalam Membuat E-Mail

1. Benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin mengirim   kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.

2.  Gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila `Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.

3. Hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.

5. Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
 
6. Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.


8. Jangan mudah `terbakar`, over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forward-kan.

11. Jika anda menulis sesuatu diusahakan jangan menggunakan karakter yang sulit dibaca atau dimengerti orang lain misalnya : @kU 4n@k 3mM0oo


3. Cara Mendapatkan E-Mail


1). Pertama buka browser milik masing-masing dulu bisa mozilla gmail dll, terus masukin ke address barnya  www.mail.yahoo.com

Cara membuat email di yahoo


sesaat kemudian akan muncul halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini


cara membuat email di yahoo
 

2). Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.
Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunya Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombol Sign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com.

Cara membuat email langkah kedua Cara membuat email langkah kedua 

3). Sesaat setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.

gambar email ketiga

lalu kamu tinggal masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom  yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya. Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan Martono ya jangan diisi martono


cara membuat email di yahoo


Penjelasan pengisian :

a. untuk pengisian kolom ‘alternate email’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau bisa diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti bisa direset (didapatkan) lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email Alternate. Yaitu untuk mereset password jika kamu lupa dengan pasword kamu, maka pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu masukkan jawabn yang kamu buat tadi untuk membuat password baru.

b. Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca.

4). Jika data sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ].  jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini.  Klik tombol Continue, untuk melanjutkan proses selanjutnya.
cara membuat email di yahoo

5).  Sesaat kemudian akan diarahkan ke dashboard email yahoo.com, seperti gambar di bawah ini. Di dashoard ini terdapat beberapa menu penting untuk pengelolaan email yang perlu kamu ketahui, antara lain :
In box atau tempat kotak masuk email,
Contact yang berisi daftar alamat email,
Draft  : berisi daftar email yang belum terkirim
Sent    : berisi daftar email yang telah terkirim
Spam : berisi email dari seseorang yang mencurigakan atau tidak diinginkan
Trash : tempat sampah email yang telah kamu hapus.


cara membuat email di yahoo


6). Ketika email yahoo ini baru dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah tampil daftar email masuk, silahkan klik satu email baru tersebut.


cara membuat email di yahoo


maka isi email akan tampak seperti gambar di bawah ini


cara membuat email di yahoo


Cara mengirim email :


7.   Untuk cara mengirim email. klik pada Compose Message, yang berada di side bar sebelah kanan (perhatikan gambar di bawah ini).

Sesaat kemudian kamu akan menjumpai kolom untuk menuliskan email kamu., perhatikan gambar di bawah ini. masukkan alamat email teman kamu pada kolom  To ; , kolom CC dikosongkan saja, kolom Subjek sebagai tema atau judul surat, dan kolom paling bawah yang lebar sekali itu untuk menuliskan isi surat atau email yang ingin dikirimkan. jika sudah diisi semua, tekan Tombol Send



cara membuat email di yahoo mengirim email



8). Jika email atau surat kamu sudah terkirim, akan di tandai seperti gambar di bawah ini. Silahkan beri tanda centang pada kotak di sebelah  Automatically add new recipients to Contacs  jika ingin memasukkan alamat email tadi ke daftar kontak kamu, jika tidak ya tidak usah diberi tanda centang. Jika sudah klik tombol Done.

cara membuat email

9. Jika sudah selesai melakukan aktifitas di mail yahoo, Klik pada tombol Sign out sebelum kamu menutup browser  kamu, sebagai antisipasi untuk melindungi  akun yahoo kamu.
cara membuat email di yahoo

Sumber : http://ridwanaz.com/teknologi/internet/cara-membuat-email-di-yahoo/

4. Beberapa Faktor Dalam Memilih E-Mail

 a). Berdasarkan lamanya umur email tersebut iklan yang    
       mensponsori 
 b). Kapasitas penyimpanan kelebihan penyediaan email
 c). Kemudahan dalam mengakses
 d). Kelengkapan fasilitas.


5.Perbedaan antara email berbasis pop3 dengan email berbasis web 


1.   Email berbasis pop3 memerlukan aplikasi mail client .
2. Melalui email berbasis pop3 akses internet pada saat 
mengirim dan menerima dapat dikurangi.
3. POP email harus dapat dibuka oleh komputer pengguna, sedangkan Web Based Email dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses internet.
4. Dalam kapasitas media penyimpanan, POP3 lebih besar karena ukuran penyimpanannya tidak terbatas. Sedangkan Web BasedEmail menggunakan komputer orang lain yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.
5. Email berbasis pop3 lambat, sedangkan email berbasis web lebih cepat dan handal.
6. Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client, sedangkan dengan menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user friendly.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar